Siapakah Yang Tergolong Ahlussunnah WalJamaah?

Untuk mengetahui siapa yang tergolong Ahlussunnah Waljamaah, perlu kita mengingat kembali Pengertian Ahlussunnah WalJamaah yaitu mereka yang menganut Sunnah Rasul dan I'tikad para sahabat. Mereka itu mengikuti dalam I'tiqadnya, amal ibadahnya, serta perjuangannya untuk menjunjung tinggi agama Islam dan umatnya, yang hal itu telah di rumuskan oleh Imam Al-Asy'ari dan Al-Maturidi dalam bidang I'tiqad, dan oleh Madzhab empat dalam bidang fiqih. Dan mereka itulah yang akan mendapatkan keridhaan Allah SWT. Dan mendapatkan kebahagiaan yang besar diakhirat kelak, sebagaimana dinyatakan dalam Al-Qur'an Surat AtTaubah ayat 100.


Mereka yang tergolong dalam Ahlussunnah Wal-Jama'ah ini, dapat dirinci atas beberapa kelompok, sebagaimana keterangan Abdul Qodir Al Baghdadi, dalam kitabnya Al-Farqu Bainal Firaq yang diberi Ta'liq oleh Muhammad Muhyiddin Abdul Hamid, dalam bab Ahlussunnah Wal-Jama'ah, bahwa kelompok-kelompok Ahlussunnah Wal-Jama'ah itu ada delapan, yaitu yang secara garis besarnya sebagai berikut;

1. Golongan Ulama dibidang Tauhid dan Kenabian, hukum-hukum janji dan ancaman, pahala dan dosa, syarat-syarat IJTIHAD, imamah dan za'amah. Juga para Mutakallimin yang bebas dari segala macam penyelewengan hawa nafsu dan kesesatan.

2. Kelompok imam-imam ilmu fiqih, baik kelompok ahli hadits maupun kelompok ahli ro'yi, yang di dalam ushuluddin mempercayai madzhab-madzhab shifatiyah tentang Allah didalam sifat-Nya yang Azali, dan bebas dari pendirian qadariyah dan mu'tazilah [ qadar dan i'tizal].

3. Kelompok yang mengerti tentang kabar-kabar dan sunnah-sunnah Nabi saw, dan pandai membedakan antara yang shaleh dan tidak, serta tidak mencapurnya sedikitpun.

4. Kelompok yang ahli dibidang Adab ( kesusatraan Arab), nahwu dan sharaf dan mengikuti jalan-jalan yang ditempuh oleh tokoh tokoh ahli bahasa, seperti: Al-Khalil, Abu Amer bin Al-A'la, Imam Sibawaih, Al Farr', Al-Akhfashy, Al-Asmu'iy, Al Maziniy, Abu Ubaid dan semua ahli Nahwu baik dari kufah maupun Basrah, yaitu mereka yang tidak mencampuri dengan faham faham selain Ahlussunnah Wal Jamaah.

5. Kelompok yang ahli dalam berbagai bacaan Al Quran, tafsir ayat Al Quran, serta ta'wilnya, sesuai dengan madzhab Ahlussunnah Wal Jamaah.

6. Kelompok orang orang zuhud dari kalangan sufi, yaitu mereka yang telah mendapatkan bashirah lalu bersikap sederhana dan berusaha mendapatkan khabar dan berita, tetapi setelah itu mereka melakukan i'tibar, ridha dengan apa yang telah ditentukan dan apa yang mudah diperoleh.

7. Kelompok pejuang pejuang islam dalam menghadapi orang orang kafir, berjuang melawan musuh musuh kaum muslimin dan melindungi benteng benteng pertahanan kaum muslimin serta melindungi keluarga besar kaum muslimin ala Alhlussunnah Wal Jamaah.

8. Kelompok rakyat (awam) yang beri'tikad pada pendirian yang benar, dari ahlussunnah waljamaah didalam bab bab keadilan dan tauhid, janji dan ancaman, dan mereka kembali kepada ulama ini didalam pengajaran agama dan mengikutinya dalam segala macam yang menyangkut halal haram dan terhindar dari i'tikad ahli hawa nafsu dan ahli kesesatan.

Itulah mereka yang terholong dalam ahlussunnah waljamaah dan keseluruhannya merupakan pemilik agama yang lurus, mereka itulah yang mendapatkan jaminan untuk masuk surga, sebagaimana peenyataan Nabi saw. sebagai berikut: " Demi Tuhan yang memegang jiwa Muhammad ditangan-Nya, akan berfirqah umatku sebanyak 73 firqah, yang satu masuk surga dan yang 72 masuk neraka. Beranya para Sahabat, siapakah firqah yang tidak masuk neraka itu ya Rasulallah?, Nabi saw. menjawab: Ahlussunnah WalLamaah". ( H.R Thabrani).

Juga Sabda Nabi saw. :" Sungguh Bani Israil telah berfirqah-firqah sebanyak 72 aliran, dan akan berfirqah umatku sebanyak 73 aliran, semuanya masuk neraka kecuali satu. Para sahabat yang mendengar ucapan ini bertanya: siapakah yang satu ya Rasulallah? Nabi menjawab: ialah orang yang berpegang teguh pada sunnahku dan sunnah para sahabatku." ( H.R Tirmidzi).

Dengan uraian diatas, maka jelaslah sudah siapa siapa yang yang tergolong ahlussunnah waljamaah, yang telah dijamin akan masuk surga oleh Nabi saw, sebagaimana tersebut dalam hadits diatas.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Siapakah Yang Tergolong Ahlussunnah WalJamaah?"

Kang Nurul Iman said...

Subhanallah, terima kasih ya sudah berbagi sangat bermanfaat dunia akhirat sekali.